Kafein sebenarnya

4 12 2008

Kalau ngantuk, biasanya orang selalu kepikiran kopi. Tapi sekarang sudah beda. Dari sudut pandang saya, kopi bukan lagi obat ngantuk.

Ketika saya nawarin kopi ke teman saya yang sedang ko-ass di Undip Kedokteran, dia ngomong, kalau kopi jenis itu nggak bakalan bisa bikin melek.

Dan benar juga katanya, faktanya, saya malah merasa ngantuk setelah minum kopi itu.

Kopi itu termasuik 3 in one. Saya sebenarnya senang banget sama Nescafe, Coffemix dsb. Tapi setelah dengar kata2 teman saya ini nih, sekarang nggak seperti dulu lagi.

Menurut informasi, kafein bisa memberikan energi dengan mengolah lemak. Tapi yang kejadian pada kopi-kopi sekarang justru malah sebaliknya.

Apa daya?

Saya lantas diberitahu mending beli aja kopi gilingan di pasar-pasar tradisional. Di sana kopinya masih asli. Berupa biji kopi sangrai.

Pas waktu ke pasar, ketemu sama mas penjual kopinya. Eh ternyata, kopi bisa segitu murahnya karena kopi itu dicampur sama jagung sangrai!!!

Ternyata gak asli. Pantesan aja, malah bikin ngantuk.

Jagung kan banyak karbohidratnya, pantesan butuh banyak energi buat mecah karbo itu.

Lantas saya bingung darimana bisa dapat kafein buat melekin mata, nguatin badan pas lembur malem2.

Ternyata gak jauh-jauh banget dari saya. Tengok ke dapur….

Ambil 2 sendok teh saja. seduh dengan air hangat. lalu minum.

Ya, sumber kafein paling asli sampai saat ini ada pada TEH.

teh hitam, teh hijau semua ada kafeinnya.

Jadi sekarang kalo mau melek sampai malam, jangn lupa teh pahitnya. Tapi hati-hati kalao kebanyakan nanti gak bisa tidur lho.

Sbg Catatan: teh tidak hanya mengandung kafein saja, tapi banyak sekali manfaat kesehatan lain yang jauh lebih banyak dari kopi. Tinggal sekarang milih mana…