chikung dan hujan gerimis

14 05 2010

di suatu siang antara gerbang kota di sebuah pinggir hutan, chikung berjalan untuk mencari seorang guru. Tiba-tiba hujan turun dengan derasnya.

Ia kemudian mencari tempat berteduh di sebuah gazebo kecil yang sudah agak reyot. Kepikiran akan hujan deras yang tak kunjung henti, chikung was-was mengira hari itu ia akan membuang-buang waktu hanya demi menunggu hujan.

Dari jauh, terlihatlah seorang biksu berjalan dengan sebuah payung yang meneduhkan. Chikung pun memanggil.

“Biksu, pinjamkanlah payungmu untukku”

“Anak muda, aku melihatmu tidak kehujanan, jadi tidaklah perlu bagiku untuk meminjamkan payungku kepadamu”

Mengetahui biksu itu menjawab permintaannya seperti itu, chikung pun tak habis akal. “Lihat guru, sekarang aku kehujanan”, kata chikung sambil keluar dari gazebo, “jadi pinjamkanlah payung itu kepadaku, atau bawalah aku bersamamu dalam perjalanan” lanjut chikung,”Ya?”, sambil ia mendekat ke samping biksu itu. Sekarang biksu itu dan chikung berada dalam satu naungan payung.

“Maaf anak muda, sepertinya, payung ini tidak mau membantumu” kata biksu itu sambil menjauhi chikung, dan membuatnya kehujanan lagi.

“Hei biksu, kenapa anda berbuat seperti ini. bukankah aku ini perlu dibantu, dan bukankah anda harus membantuku.” kata chikung protes.

“Anak muda, kadang membantu itu adalah tidak membantu. dan kadang tidak membantu itu adalah membantu” kata biksu itu.

“Jika aku membantumu, maka engkau akan tergantung padaku, dan kau tidak berusaha.” lanjutnya, “Dengan aku tidak membantumu, maka pasti engkau akan berpikir bahwa engkau seharusnya mempersiapkan diri dalam perjalanan. Dengan begitu engkau tidak akan tergantung terus kepada bantuan orang lain. Engkau akan berpikir dan berbuat sesuatu yang lebih baik bagi dirimu sendiri di masa mendatang.”

“Haaaaa,” kata chikung, “membantu kadang tidak membantu, tidak membantu kadang membantu…” katanya mengulang lagi pernyataan biksu itu.

-diceritakan lagi dari The New Legend of Chikung

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: